Pages

Thursday, December 2, 2010

Bau Badan Bisa Mengundang Nyamuk Malaria?


California – Studi baru mengungkap bahwa bau keringat manusia ternyata dapat mengundang nyamuk malaria. Berkat keringat, nyamuk dapat menemukan manusia dengan akurat.

Penelitian Niels Verhulst mengungkap bahwa nyamuk malaria sangat menyukai bakteri staphylococci. Bakteri ini biasa muncul pada kulit manusia, dan kulit manusia sendiri memiliiki berbagai jenis bakteri.
Nyamuk yang mencium bau khas manusia ini dapat mendeteksi manusia dengan akurat, meski radiusnya tertentu. “Sebenarnya, keringat tak mengeluarkan bau. Berbagai jenis bau itu muncul karena bakteri di kulit bereaksi,” kata Verhulst.


Dalam penelitian, Verhulst menguji bagaimana nyamuk bereaksi terhadap lima jenis bakteri kulit. Uji coba dilakukan di Wageningen dan Kenya, Afrika. Hasilnya nyamuk Anopheles tertarik pada berbagai jenis bau yang dihasilkan bakteri kulit. Seperti dikutip dari Science Daily, hanya satu yang tak disukai, yakni pseudomonas.

“Bakteri pseudomonas juga terdapat di tubuh manusia. Itulah sebabnya mengapa ada manusia yang tak terlalu sering diserang nyamuk tertentu secara berlebihan,” tambahnya.
“Ada beberapa bau-bauan yang bekerja dengan baik. Kami terus menyempurnakannya dan melihat bau tiruan seperti apa yang paling disukai nyamuk,” tandasnya.

Sumber:
inilah.com

No comments:

Post a Comment